LIFESTYLE

8 INSPIRASI KEGIATAN DIRUMAH YANG BISA DILAKUKAN SAAT PANDEMI

November 04, 2020

Banyak hal yang biasanya kita nggak bisa lakukan saat bekerja,waktu berjalan terasa begitu cepat, waktu yang kita punya habis untuk mencari nafkah dan kita kehilangan waktu untuk me time atau berkumpul dengan keluarga atau orang terdekat. Bahkan ada juga yang nggak sempat menjalani hobi karena aktifitas kesehariannya udah padat banget. 

Sejak pandemi,sebenernya nggak ada yang berubah dari keseharianku jadi ibu rumah tangga,bedanya pekerjaan yang biasanya aku beresin sendiri sekarang dibantu suami,jadi aku dan juga suami punya lebih banyak waktu luang. Tiap hari mikir enaknya ngapain ya hari ini,besok ngapain lagi ya,wkwk maklum ya jobless. Buat kamu yang stay diluar Bali bersyukur yang banyak deh karena masih dipekerjakan sama perusahaan, atau usaha kamu masih berjalan meskipun omset menurun atau gaji dibayarkan setengah misalnya. 

Berhubung kita berdua punya banyak watu luang, aku dan suami jadi punya kegiatan baru or at least melakukan kebiasaan yang dulunya nggak sempet dilakuin. Buat kamu yang bingung mau ngapain, bisa intip beberapa kegiatan yang aku lakukan selama kurang lebih 10 bulan terakhir ya! 

1. Menghabiskan waktu di kampung halaman 

Untuk kamu yang belum tahu, kampung halamanku adalah sebuah pulau yang lagi rame banget didatengin wisatawan lokal dan asing 3 tahun belakangan yaitu Pulau Nusa Penida. Di waktu normal kami sekeluarga pulang setiap ada upacara agama, nikahan saudara,upacara kematian,piodalan dan hari hari khusus lainnya. Di rumah paling lama 3 hari,karena suami harus kerja, aku juga meskipun freelance nggak bisa berlama-lama tinggal di kampung. Jadi setiap pulang nggak pernah sempet jalan-jalan,padahal usahanya di bidang travelling tapi malah nggak pernah jalan,hahha


Mau ke Nusa Penida? Baca ini dulu 

Bulan lalu, tepatnya bulan september 2020 adalah bulan dimana aku mengadakan upacara megedong-gedongan (7 bulanan) acaranya diadakan di kampung. Setelah itu ada hari raya Galungan & Kuningan, setelah itu ada kerabat yang meninggal jadi upcaranya adatnya bener-bener beruntun selama sebulan. Untuk menghemat biaya transportasi dan hidup, kita mutusin untuk tinggal di Nusa Penida selama bulan September. 

Hasilnya, bisa kumpul sama keluarga lebih lama, bisa jalan-jalan juga ke beberapa objek wisata yang belum sempat aku kunjungi. Puas main di pantai setiap hari. 

2. Decluttering isi kamar dan gudang 

Setelah kembali dari Nusa Penida, kontrakan jadi berdebu disana sini. Aku dan suami memutuskan untuk bersih bersih besar dan decluttering isi lemari, isi dapur dan juga gudang. Ternyata selama ini kita sudah banyak menimbun barang-barang yang sebenernya udah nggak layak. Supaya makin semangat tinggal di rumah aku membeli beberapa wallpaper,printilan dapur dan seprei baru untuk membuat kamar lama terasa baru.

Bersih bersih besar baru selesai total dalam dua hari, beberapa letak lemari kita pindahkan jadi sekarang kita punya space kamar yang lebih lega dibandingkankan dengan kondisi sebelumnya.  Pakaian yang masih layak pakai tapi akunya udah nggak muat aku hibahkan ke ponakan yang masih abg. Tas-tas yang selama ini aku simpenin tapi ternyata banyak yang cuman kesimpen aja tanpa dipakai juga aku kasi ke ponakan. Storage jadi lebih lega, barang barangku juga jadi lebih bermanfaat untuk yang lebih membutuhkan.

3. Mencuci baju bayi 


Sebentar lagi kan aku mau lahiran nih jadi sekalian bongkaran baju baju lungsurannya Wikan. Astungkara ternyata baju-bajunya masih pada bagus, warnanya ga luntur dan nggak jamuran. Beberapa aku beli baru dan sebagian dikasi sebagai kado sama temen,itu juga aku (suamiku) cuciin wkwk. Mumpung di Bali cuacanya masih cerah,belum masuk bulan bulan hujan. Proses mencucai baju,setrika dan masukin ke lemari memakan waktu 5 hari wkwk,lama banget karena kita kekurangan tempat jemur ember juga cuman beberapa jadi yang mau dicuci di bagi menjadi 3 hari. 

4. Memelihara anjing baru 


Sebenernya aku udah pernah pelihara anjing 2x, yang pertama dan kedua anjing lokal biasa,yang pertama nemu di semak-semak,yang kedua minta sama tetangga. Yang pertama mati karena sakit,yang kedua aku tinggalin di kampung halaman kemaren, susah mau bawa balik karena ternyata sebulan dipelihara anjingnya jadi cepet besar dan tinggi. 

Berhubung udah mantap nih mau pelihara anjing demi mengisi waktu kosong ya udah akhirnya kita beli anak anjing pom. Kenapa anjing pom, yang pertama karena lucu,kedua anjing pom termasuk anjing ras kecil,misal kalau aku harus pulang kampung dalam jangka waktu yang lama gampang dibawa-bawa naik mobil dan naik boat. Memelihara anjing ini bener-bener bisa jadi healing activity di tengah-tengah kegabutan stay at home. Dari mandiin, ngasi makan, bolak balik nganterin dia pup sama pipis,ngajak main, sampai bersihin kandang.

5. Belajar food preparation 


Dulunya aku punya kebiasaan ke pasar kalau mau beli daging segar, ke warung sayur kalau lagi pengen masak. Sejak pandemi gerakan ke warung sayur mulai dikurangi, akhirnya aku ke pasar belanja kebutuhan dapur untuk 3-4 hari tapi ya gitu bahan masakan jadi cepet busuk,karena kelupaan,karena lupa diolah,lagi males apalagi kalau udah dapet notif notif promo dari grabfud, wah bisa kacaw niat masak memasakku.

Trus aku mulai rajin youtube cara food preparation yang bener gimana ternyata banyak yak video videonya, ih telat dan malu banget sih sebagai ibu rumah tangga sejak 5 tahun yang lalu baru sekarang belajar food prep. Nah salah satu point essensial dalam food prep adalah kotak penyimpanan yang gemes dan lucu, mulai deh buka syopi trus pilih pilih kotak storage dari calista yang paling affordable dan ibu ibu friendly. 

Setelah kotak penyimpanannya dateng, aku mulai belajar cara simpen sayur,daging, buah, bumbu dan lain-lainnya. Mulai belajar siapin menu selama seminggu ke depan, kemudian dari menu itu jadi tahu kudu belanja bahan apa aja. Ih ternyata jadi kegiatan repot namun menyenangkan ya. Jadi nggak bingung tiap hari mau masak apa karena menu nya udah kita tentuin.

6. Belajar Doodling 

Sebetulnya aku ada bakat gambar sama kaligrafi ala-ala udah diasah dari smp jaman extra mading di kala itu. Tapi emang dasarnya males aja nggak mau mendalami. Ternyata seni kaligrafi sama doodling itu jadi hobi yang menghasilkan di masa sekarang. Nyesel nggak? Jangan ditanya. Sekarang jari jemari udah kaku, aku mau pamerin hasil latihan doodling tapi malu wkwk jadi aku share aja channel doodling yang lagi sering aku tontonin dan aku pake acuan buat ngelemesin tangan. 

7. Jalan - jalan

Punya usaha travel tapi nggak pernah kemana-mana, itulah aku. Jadi aku ini emang home person hahah orang rumahan, comfort zone aku ya di rumah. Karena kerjaanku dalam usaha ini lebih banyak dibelakang layar ngurus plan perjalanan tamu, nyari client, kejer target biar dalam sebulan minimal jadwal mobil berangkat full booked ya gitu gitu deh. 

Jadi suami aku tu nggak pernah mau nganterin aku jalan-jalan, alasannya karena dia sendiri juga udah bosen bolak balik kesitu situ terus. Sekarang karena udah nganggur jadinya aku dianterin, berhubung lagi pandemi nggak bisa bebas juga sih trus beberapa objek wisata di Bali kan dibuka itu per bulan september jadi yang kemaren aku datengin tuh objek wisata di Nusa Penida,kampung halamanku yang cakep tiada tara. Anyway kalau kamu mau ke Nusa Penida kontak aku aja ya, trip per orang start 333K/pax sudah include akomodasi mobil dan trip 1 hari, lah napa jadi promosi, nggak papa ya yang penting kalau mau jelong jelong ke Bali ingat dewa ayu akucantikkk dot com okey 

8. Belajar Konmari 

Selain baru belajar food prep aku juga baru belajar tehnik konmari,kalau ada yang belum tahu tehnik konmari ini seni beres beres rumah. Semua berawal dari lemari bajuku yang kayaknya kok selalu kekurangan space mulu padahal isinya udah dikurang-kurangin,belanja bajunya juga udah di irit iritin. Ternyata cara meng organize nya yang kurang tepat. Sama dengan doodling, aku belajar tehnik komari ini dengan menonton beberapa channel di youtube. 

Ternyata mood jadi lebih baik ketika semuanya terlihat rapi dan spacious. Sekarang aku kan masih tahap belajar dan pemula nih jadi aku baru rapiin baju Wikan sama bajuku dengan box seadanya. Mau ngetes diri sendiri bisa konsisten nggak at least 2 minggu lemari keliatan rapi dan berbentuk baru deh aku beli beberapa box yang proper nan aesthetic buat nyimpen nyimpen baju dan printilan lainnya. 

Nah itu semua hal-hal yang aku lakukan selama masa pandemi, beberapa memang adalah hal baru dan aku ngerasa amaze loh sama diri sendiri ternyata aku nggak cuman mampu bertahan hidup aja di masa kayagini, bisa juga ya diriqu menambah skill meskipun receh buat sebagian orang. Kalau kamu udah ngapain aja selama masa pandemi?

See you on my next post baibai




You Might Also Like

21 comments

  1. Aku aktifitas selama di rumah gak jauh beda sama saat pandemi. Nonton drakor, bikin cemilan, yang masih PR bgt bersihin kulkas 😁

    ReplyDelete
  2. Belajar Konmari ini harusnya juga saya lakukan bersama anak remaja, secara dia agak2 malas beberes almari pakaian. Makasih inspirasinya mba, jadi dapat ide memaksimalkan waktu di rumah selama pandemi.

    ReplyDelete
  3. wah aku baru tahu kalau Ayu sedang hamil anak kedua, lancar2 ya Ayu sampai hari melahirkan hehee

    ReplyDelete
  4. Waaah banyak juga ya aktifitasnya selama pandemi, pasti membuat semangat makin menyala kalau lihat semuanya tertata rapi. Kalau aku jadi lebih suka gowes...secara Bali saat ini gak seramai dulu, jadi waktu yang ada kugunakan untuk gowes sembari eksplore tempat wisata, seperti pantai Kuta, Double Six, Monumen Bom Bali atau bahkan jalan ke arah Sanur dan Mertasari...intinya di masa pandemi ini kita harus selalu bahagia supaya terhindar dari stress.

    ReplyDelete
  5. seru yaa jadi banyak belajar hal baru yaa, belajar konmari, food prep, dan banyak lagi. Plus sesekali jalan-jalan biar gak jenuh dan pastinya disipin protokol kesehatan dong ya

    ReplyDelete
  6. Wah iya jadi ingat, suamiku itu cerita tentang konmari ini beberapa kali tapi belum pernah memperhatikan dengan baik seperti apa konmari itu. Jadi ingat lagi baca tulisan ini.

    ReplyDelete
  7. aku juga sebelum tahu food prep beli sayuran itu buat seminggu pada busuk mba wkwkw akhirnya punya buanyak storage sekarang aman deh nyimpan makanan

    ReplyDelete
  8. But saya yang tinggal di kampung plus zona hijau, pandemi atau tidak, merasa tidak ada bedanya. Hahaha. Kegiatan keseharian juga sama aja begitu setiap harinya. Jadi ya ga banyak berubah. Ga merasa bosan karena swehatinya mengerjakan kewajiban seperti biasa... Beda lagi pastinya kalau saya mengalami seperti pengalaman orang kita yg kena PSBB, PJJ dll ya

    ReplyDelete
  9. Banyak banget ternyata yang bisa dilakukan di rumah tu.. saya banyak kegiatan baru yg bikin mager males keluar rumah...hahaha..enjoy banget di rumah aja..

    ReplyDelete
  10. Wah sayang sekali dulu aku ke Nusa Penida belum kenal dirimu mbaaa... Waktu itu ke Nusa Lembongan dan ke Nusa Penida. Alam yang sungguh indah untuk dieksplor ya di sana.

    ReplyDelete
  11. Halo mba. Senangnya ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan ya mba.Tapi aku pengen jalan jalan tapi belum kesampaian nih

    ReplyDelete
  12. Seru ya Konmari-an sama food prep mbak, aku juga demen, apalagi food prep, singkat waktu di dapur, berkualitas, dan makanannya jadi wkwkwk

    ReplyDelete
  13. Wah produktif banget nih Mbak kegiatannya selama masa pandemi gini. Boleh dicoba nih idenya, saya juga tertarik nih mau belajar metode konmari dan food preparation

    ReplyDelete
  14. Kegiatan selama pandemi packing orderan sama ngurusin kucing yang baru lahiran heuheu

    ReplyDelete
  15. Kok samaan ya Mbak selama awal pandemic kemarin aku tuh sibuk nyuciin baju bayi dan sekarang alhamdulillah aku udah lahiran tambah sibuk deh sama bayinya

    ReplyDelete
  16. Tertarik sama teknik konmari, soalnya rumah rasanya sumpek banget padahal jarang beli tambahan perabotan. Auto cekidot ke youtube konmari nih

    ReplyDelete
  17. Siapp..
    Nanti kalau bisa jalan-jalan lagi, pengen banget travelling ke Nusa Penida. Selama ini liat fotonya aja uda yang uuww...mashaAllah.
    Kagum.

    ReplyDelete
  18. Kak inda, kalau september 7 bulan, berarti ini uda mau lahiran dong yaaaa.... Semoga lancar lancar ya Kak.... Akutu pandemi atau engga emang di rumah mulu ya, jadi ga banyak bedanya hihihi

    ReplyDelete
  19. besok aku juga mau rapih2 gudang nih, mbak. kemarin2 udah beres2 kamar dan lain-lain, sekarang nunggu weekend aja lah biar bisa dibantuin suami buat angkat2 hehehe

    ReplyDelete
  20. Ngeliat ini aku jadi rindu mudik ke Bali, penuh dengan kesykuran dan saling menyayangi ya mba. Alhamdulillah dapet inspirasi juga nih, soal kegiatan yang bisa dilakukan di rumah hore. Bisa dipraktikan ah, apalagi metode konmari

    ReplyDelete
  21. Kalau saya, kumpulkan beragam ilmu dari webinar yang diselenggarakan
    Alhamdulillah sudah puluhan webinar diikuti sehingga ga bosen

    ReplyDelete

komen dan saran kalian akan sangat berarti buatku untuk selalu semangat menulis dan berbagi :)

akucantikkk. Powered by Blogger.