LIFESTYLE

LANGKAH LANGKAH DALAM MEMBUAT BRAND MAKE UP/SKINCARE SENDIRI

October 25, 2021


Kamu pernah terinspirasi nggak sama Beauty Influencer yang akhir-akhir ini mengeluarkan brand make up/skincare? 

Tasya Farasya : MOP BEAUTY

Jika iya, kamu juga bisa mewujudkannya tapi dengan catatan awal, kamu memang punya passion di dalamnya, jadi jangan semata-mata ingin membangun bisnis hanya karena orang lain bisa kenapa aku tidak, karena untuk membangun bisnis make up/skincare itu bukan tanpa effort yang besar. 

Aku mencoba merangkum secara singkat langkah-langkah dalam membangun brand make up/skincare yang aku dapatkan dari mengikuti beberapa webinar dan juga kelas online digital marketing yang biasa aku ikuti. 

1. Funding / Modal Usaha

Seberapa banyak jumlah modal yang diperlukan untuk membangun sebuah brand skincare/make up? Sebetulnya nih nggak ada kapital batasan tertentu. Secara garis besar dibagi dua berdasarkan cara pendistribusiannya. Jika diual on store, maka budget  yang diperlukan lebih besar untuk tokonya sendiri, dekorasi, interior,product display and etc, yang kedua bisa dengan cara online yaitu dengan pembelian website, dan kamu juga harus memikirkan budget untuk warehouse tempat penyimpanan dan drop barang. 

Youtube Tasya Farasya

Modal yang sudah kamu miliki  jika dalam jumlah minim sebaiknya digunakan untuk product development, jadi bukan lebih banyak digunakan untuk budget marketing. Bagaimana jika marketingnya di boost maksimal sementara kamu mengabaikan product development,omset tentu saja akan melonjak tapi respon market setelah itu kemungkinan bisa menurun jika mereka sadar, mereka tidak mendapat benefits produk sesuai ekspektasi mereka. Jadi sebaiknya modal usaha kamu kencangkan dulu di pengembangan produk, karena sebuah produk yang bermutu dan tinggi nilainya biasanya akan mendapat respon market yang lebih baik dan konsisten, jadi make sure produknya itu sendiri yang akan melakukan 'marketing'. Basicnya harus kuat intinya begituh. 

2. Metode pemasaran (online/store)

Chanel pemasaran seperti apa yang kamu ingin jalankan, saat ini banyak brand yang mendahulukan strategi pemasaran online kemudian lanjut membuka offline store, atau ada juga yang berangkat dari offline ke online karena basicnya memang sudah punya offline store. 

Metode pemasaran harus kamu tentukan di awal karena ini ada sangkut pautnya dengan jumlah budget yang kamu miliki. Perlu digaris bawahi untuk metode online memang banyak yang bisa dilakukan secara free, namun untuk bisa mencapai reach market yang besar terutama ketika brand kita baru lahir secara online kita harus membangun brand awareness, dimana untuk mencapai hal ini kita juga butuh budget yang cukup. Jadi apapun metodenya kembali lagi ke funding.

3. Team management 

Selain kapital funding yang ga kalah penting adalah human kapital, jadi kamu tentukan siapa yang kamu akan ajak bekerja, apakah kamu bisa mengerjakannya sendiri atau kamu membutuhkan beberapa orang yang akan kamu ajak bekerja sebagai team untuk menjalankan brand tersebut. Team disini nggak harus langsung punya karyawan karena biasanya ownernya bisa langsung handle beberapa jobdesk sekaligus. 

Team yang dibutuhkan minimal 3 orang, yang pertama orang yang memiliki kreatifitas tinggi yang bertanggungjawab atas peluncuran dan inovasi produk, kedua orang yang mengurus operasional terutama delivery dan penjualan yang ketiga adalah akuntan. Jika misalnya satu orang/kamu sendiri bisa melakukan ketiganya bisa aja sih tapi kedepanya akan sedikit sulit jadi setidaknya miliki 3 orang diatas untuk ngebantu kamu 

4. Produksi ( Maklon) 

Sebelum kamu datang nih ke produsen produk / Maklon, jangan lupa untuk berbekal beberapa hal terutama analisa market, trend apa yang sedang digandrungi saat ini, apakah marketnya lebih ke produk korea, produk khusus teenager dan lain lain.

Selain itu kamu bisa membawa sample/contoh produk yang kamu ingin tiru misalnya saja serum atau lip cream,apakah concernmu lebih ke produk yang natural, mau khusus yang anti aging dst. intinya produk yang mau kamu buat harus sesuai dengan kebutuhan market itu sendiri. 

Salah satu maklon company yang pernah aku dengar adalah PT ADEV Natural Indonesia merupakan perusahaan yang berfokus pada jasa maklon kosmetik dan personal care dengan mengusung slogan Solusi Kosmetik Legal. PT ADEV Natural Indonesia yang berlokasi di Bogor ini mampu memproduksi berbagai produk perawatan tubuh mulai dari sabun batang sebagai produk unggulan, haircare, skincare, bodycare, men’s corner (produk perawatan khusus pria), hingga kosmetik untuk bibir. 

 PT ADEV Natural Indonesia memiliki pabrik kosmetik grade A dan selalu

mengembangkan produk-produk kosmetik yang berkualitas, berstandar BPOM, dan mengikuti standar CPKB. Jasa maklon kosmetik PT ADEV  adalah maklon kosmetik terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan jika one day nanti mau bikin brand make up / skincare sendiri.

5. Legalitas Brand 

Legalitas disini kaitannya sama identitas, saat kita bikin brand tentu yang pertama kepikiran adalah nama, bagusnya pake nama apa ya, kalau ternyata kamu sudah punya nama, yang meaningful, unik sebaiknya buru-buru kamu daftarin deh,karena balik lagi nih nama itu kan soal identitas. Nggak lucu kan kalau nama brandmu sudah dikenal tapi ternyata ga kamu legalitaskan, kan sayang udah besar nih usahanya tapi harus ganti nama brand di tengah jalan. Legalitas sangat penting karena nama usaha yang sudah kamu daftarkan akan seterusnya kamu gunakan dalam pengembangan brand bisnis kamu ke depannya. 

PT ADEV Natural Indonesia bisa membantu pengusaha pemula untuk mendapatkan legalitas kosmetik mulai dari BPOM, HAKI merek, dan Halal, sehingga kamu nggak perlu ribet lagi mengurus legalitasnya sendiri dan percayakan pada ADEV. 

Persyaratannya juga dijamin nggak akan bikin kamu ribet, lho. Berikut di antaranya:

Persyaratan Maklon untuk Perusahaan Perorangan

  • Kartu Tanda Peduduk (KTP)

  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Syarat Maklon untuk Badan Usaha (Perseroan)

  • Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP)

  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) Direktur Utama

  • Formulir Pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Gimana kira-kira sudah ada gambaran ya sebelum kamu tertarik memulai bisnis make up/skincare sendiri? Jika ada tambahan lain kamu bantu isi di kolom komen di bawah ya. Kalau mau intip intip info seputar maklon kalian bisa kunjungi Instagram di @adev.official

See you on my next post xoxo

You Might Also Like

17 comments

  1. Waah.. bermimpi punya brand sendiri rasanya.. Aku kayaknya pernah mengkhayal punya brand sendiri, tapi brandnya buat clothing. Nggak berani kayaknya kalau di bidang make up, secara saingannya sekarng pada jago-jago gitu.

    ReplyDelete
  2. Impian banget punya brand sendiri mbak, cuma ya itu pengetahuan kita minim banget ya untu industri kecantikan seperti ini. Beruntung banget menemukan informasi ini mbak. jadi kebayang, betapa menyenangkannya kalau punya merek brand sendiri hehe

    ReplyDelete
  3. Gegara banyak beauty enthusiast yg bikin brand skincare/makeup sendiri, ada temenku yg juga penasaran, gimana sih step-by-step-nya.

    Ehhh, ternyata diulas tuntas di postingan ini.
    Jadi makin paham dah.

    ReplyDelete
  4. Impian banget ya kalau bisa punya brand kosmetik milik sendiri, apalagi bagi yang berkecimpung di dunia beauty, udah punya modal dah buat marketing.
    Ini bakalan jadi angin segar buat yang pengen punya brand kosmetik sendiri, tapi nggak mau ribet dengan produksi :)

    ReplyDelete
  5. Waaah, bunda suka bermakeup wlp udah ninik2 tp anak2 bunda yg support. Jauh di awzng deh utk punya brand make-up sendiri aplgi menyanvkut banyaķ hal yg harus dipersiapkan. Salut dan selamat buat ibu2 muda dan ranum utk membuat produksi brang make-up sendiri. Do'a dari bunda.

    ReplyDelete
  6. Bisnis skincare yang agak susah itu izinnya. Syukurlah ada PT ADEV ini yang bisa membantu pemula untuk mengurus segala keperluan izin usaha.

    ReplyDelete
  7. Duh baca ini jadi keinget cita cita banget deh, pengen punya brand sendiri, biar bisa mewujudkan apa yg ada di kepala, ternyata kalau tau langkah dan mediatornya ga terlalu sulit ya, terlebih ada Maklon

    ReplyDelete


  8. bener banget, kita perlu mendevelop product kita sebaik mungkin sebelum punya budget marketing ya mba. Biar produk kita bagus dulu dan disukai, baru kita bisa perkuat marketingnya

    ReplyDelete
  9. Ternyata produk kecantikan punya artis banyak dr Adev ya. aku jadi pengen punya produk kecantikan kaya mereka deh. 😂

    ReplyDelete
  10. Semuanya saling berkaitan yaa..
    Dan dengan teliti saat membuat pondasi usaha dan branding di era digital begini akan meningkatkan awarness terhadap brand yang kita bangun, bukan hanya kualitas dari produknya itu sendiri tapi juga teamwork yang solid.

    ReplyDelete
  11. Sekarang mah mau bikin brand kosmetik sendiri itu gak mustahil ya. Siapa pun bisa. Asal punya modal. Ada tempat makloon berkualitas yang udah terbukti bagus. Kayak Adev ini. Mau bikin skincare atau body care jenis apa pun bisa. Bahkan sekalian diurusin perizinan BPOM dan sertifikat halal.

    ReplyDelete
  12. keren ya orang2 yang memang cinta dengan makeup dan skincare lalu membuat brandnya sendiri. aku kalo makeup suka ngikutin tasya farasya, enak aja gitu liat cara dia dandan, hihi

    ReplyDelete
  13. Saat ini artis banyak banget yang buat brand sendiri, memang ternyata pasar kosmetik itu akan terus ada ya ka. Makasih buat sharingnya, bisa jadi insight untuk yang mau memulai bisnis ini.

    ReplyDelete
  14. Dengan adanya Adev memungkinkan siapa pun yang mau mulai usaha dan bikin brand skin care sendiri sekarang sudah bisa ya. Langkah-langkahnya juga sepertinya bisa diikuti dari artikel ini. Thank you, Kak, sudah sharing

    ReplyDelete
  15. Thank you for sharing kak, ��

    ReplyDelete
  16. ih ko asik banget sih bikin brand skincare sendiri yaaa, ternyata nggak seribet apa yang aku bayangkan selama ini nih hihih, mau aku infoin ke temen aku juga aaah yang pengen punya brand sendiri nih

    ReplyDelete
  17. Keren banget ya kalau punya brand make up sendiri. Tapi zaman sekarang ga ada yang gak mungkin apalagi ada maklon kosmetik. Tinggal menyiapkan modal dan memasarkannya dengan baik

    ReplyDelete

komen dan saran kalian akan sangat berarti buatku untuk selalu semangat menulis dan berbagi :)

akucantikkk. Powered by Blogger.